[Review Anime] Kotoura-San

0
23

Kotoura-san

Kotoura-san, anime ini bergotong-royong sudah cukup lama. Dan aku juga nggak pernah tau sebelumnya sih wacana anime ini. Saya taunya waktu liat sebuah kiriman di facebook berupa video wacana prolog awal dongeng yang cukup menarik. Langsung aja deh nyari animenya dan lanjut nonton.


Tanggal Rilis
: Jan 11, 2013
Type: TV
Genre: Comedy, Drama, Romance, School
Durasi: 23 Menit per Eps
Episode: 13
Rating: 7.35
Sumber Cerita: 4-koma manga
Studio: AIC Classic

Sinopsis

Anime ini bercerita wacana Kotoura Haruka, seorang gadis yang terlahir dengan kemampuan Supranatural yang sanggup membaca pikiran orang lain disekitarnya. Kemampuannya tersebut menciptakan ia hidup dalam penderitaan : Dicap sebagai pembohong, dijauhi sahabat – sahabat sekolahnya, mengakibatkan orang tuanya bercerai dan bahkan ibu kandungnya sendiri merasa menyesal telah melahirkannya. Namun semua itu berubah ketika beliau SMA, tepatnya ketika beliau bertemu dengan Manabe Yoshihisa, seorang perjaka yang tetap mau berteman dengannya meskipun tahu kalau Kotoura punya kemampuan tersebut. Dari sinilah dongeng Kotoura-san bergulir.


PV

 

Jalan Cerita

Daripada membahas wacana kemampuan membaca pikiran Kotoura, anime ini bergotong-royong lebih bercerita wacana kisah Drama seorang gadis cukup umur yang diasingkan oleh orang – orang di sekitarnya alasannya ialah dianggap ‘berbeda’. Sayangnya, begitu anime ini mengesampingkan sisi Supernaturalnya menjadi sesuatu yang tidak terlalu mempunyai pengaruh dalam cerita, hanya sebagai referensi salah satu jenis problematika yang mungkin terdapat pada seorang remaja, anime ini pun segera kehilangan ciri khas yang akan menjadikannya unik jikalau dibandingkan anime lain. Ini bukan berarti bahwa ceritanya kemudian menjadi tidak menarik, Drama kehidupan Kotoura tetap merupakan sebuah kisah yang menyentuh. Hanya saja, penonton tentu mengharapkan suatu bumbu yang gres sehingga menyaksikan anime ini akan terasa sebagai pengalaman yang benar – benar gres pula, namun anime ini tidak pernah berhasil menyediakannya. Setelah problem Kotoura terselesaikan pada beberapa episode awal, anime ini kemudian hanya cuma wacana bersenang-senang, mungkin dengan sedikit turbulance yang itu pun tampaknya ditulis setengah hati. Tidak ada sesuatu yang belum pernah penonton lihat sebelumnya. Dan alasannya ialah sisi Comedy dan Romance juga tampaknya bukan merupakan tujuan awal anime ini, pecahan ceritanya pun tidak bisa naik dari tingkat yang biasa – biasa saja.

Karakter

Karakterisasi Kotoura didokumentasikan dengan sangat baik. Mulai dari kepolosannya sebagai anak – anak yang mengungkap diam-diam semua orang, rasa bersalahnya ketika ditinggalkan kedua orangtuanya, kesedihannya ketika dikhianati sahabat – sahabat baiknya, dan bahkan hingga keputusasaannya alasannya ialah dijauhi oleh orang – orang di sekitarnya. Semua hal tersebut bisa dengan gampang segera dipahami penonton, dan terlebih lagi menggambarkan secara sempurna apa yang mungkin terjadi di masyarakat. Di sisi lain, abjad dari tokoh – tokoh yang pendukung tidak dijelaskan cukup dalam. Reaksi konkret Manabe terhadap kekuatan Kotoura butuh semacam alasan, sementara ambisi Mifune untuk memanfaatkan Kotoura demi mencapai tujuannya terasa agak dipaksakan. Namun meski demikian, paling tidak mereka semua, termasuk Murota dan Moritani telah diberikan latar belakang yang masuk nalar untuk terus berada di sekeliling Kotoura.

Art

Animasi di anime ini tidak istimewa, tetapi setidaknya anime ini selalu berhasil menyalurkan dengan baik apa yang ingin disampaikannya, yang paling terang terlihat pada sisi Comedynya. Wajah mesum Manabe, atau cara salam yang asing dari gaya karate Moritani, hal – hal kecil menyerupai ini mungkin terasa sederhana, tetapi niscaya akan bisa menimbulkan hari – hari penonton sedikit lebih ceria setiap kali.

Musik

Lagu Opening: “Sonna Koto Ura no Mata Urabanashi Desho? by Megumi Nakajima dan Lagu Ending Theme “Kibou no Hana by Haruka Chisuga. Lagu Openingnya dibawakan oleh Megumi Nakajima, lagunya cukup bagus. Tapi, yang paling manis ialah lagu Endingnya, Kibou no Hana. Lagunya sangat indah dan bikin baper banget.

Overall

Jalan Cerita: 7 / 10
Karakter: 7.5 / 10
Art: 7.5 / 10
Musik: 8 / 10
Kotoura-san: 7.5 / 10

Dramanya menyentuh, tetapi tidak bertahan lama. Comednya lucu, tetapi tidak cukup banyak. Romantismenya manis, tetapi tidak ada yang istimewa. Apakah anime ini menghibur? Ya, dalam hal itu, review ini bisa menjaminnya. Hanya saja, jangan mengharapkan sesuatu yang baru. Setiap aspek dari anime ini ialah sesuatu yang sudah pernah kalian lihat. Meskipun kemudian, sebagaimana yang ditunjukkan anime ini, juga tidak harus berarti bahwa itu merupakan sesuatu hal yang buruk.