[Review Anime] Ajin

0
16

Untuk anime ini aku tonton dari episode 7, soalnya episode satu hingga 6 sudah aku tonton di versi layar lebarnya. Katanya sih enggak ada adegan tambahan, jadi enggak aku tonton. Paling di episode 7 yang sebelum Kei keluar dari bahari ada adegan baru. Yang sudah nonton niscaya tahu. Oke, pribadi saja simaka reviewnya.

Judul : Ajin

Tanggal Rilis : 16 Januari 2016
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Mystery, Horror, Supernatural, Seinen
Sumber Cerita : Manga
Studio : Polygon Pictures

Sinopsis

Menceritakan perihal Manusia Abadi (tidak dapat mati) yang di sebut Ajin. Tujuh belas tahun yang lalu, mereka pertama kali muncul di medan perang di Afrika. Sejak dikala itu, beberapa jenis mereka berbaur dalam masyarakat manusia. Kini mereka sangat langka dan untuk tujuan percobaan, pemerintah akan memberi hadiah bagi siapa saja yang berhasil menangkap satu Ajin. Pada suatu hari, seorang siswa Sekolah Menengan Atas berjulukan Kei Nagai, gres mengetahui jikalau ia ialah insan infinit “Ajin” ketika ia ditabrak truk. Dia menjadi orang yang dicari sebab Ajins dianggap penjahat dan satu-satunya orang yang ada untuk mendukung ia ialah sahabatnya, Kaito.

PV


Jalan Cerita

Ceritanya menarik, perihal insan yang tidak dapat mati (untuk konteks tidak mati sementara belum tahu, dapat saja ada kelemahan yang membuatnya dapat mati), tapi aku sebut saja tidak dapat mati. Dan mereka disebut Ajin, kenapa tidak dapat mati, sebab dikala ditembak atau melaksanakan sesuatu yang memicu kematian, Ajin akan hidup kembali. Misal ditembak, maka lukanya akan sembuh dan hidup kembali. Tapi ada fakta menarik, di episode berapa aku lupa, ada satu Ajin ia kakinya lumpuh (koreksi jikalau salah), dan harus jalan pakai tongkat. Dia bilang pernah mencoba percobaan bunuh diri untuk mereset tubuhnya. Memang, ia hidup kembali, tapi kelumpuhannya tetap dan tidak tereset. Mungkin jikalau bawaan lahir tidak dapat sembuh, ya. Selain itu, Ajin ini juga mempunyai kekuatan lain, yaitu dapat mengeluarkan IBM. Lupa singkatannya apa, yang terang Subyek Tak Terlihat. (eh iya, ‘kan?). Jadi, macem hantu yang dapat bergerak sesuai impian Ajin. Tapi, di sini si tokoh utama berjulukan Kei Nagai, ia dapat mengeluarkannya namun si IBM ini menyerupai hidup atas kehendak sendiri, bukan dikendalikan. Oh, iya, jikalau di layar lebarnya, Kei itu punya kekuatan berteriak. Kaprikornus jikalau teriak dan ada orang yang mendengarnya maka orang itu akan mematung tidak dapat bergerak untuk beberapa saat. Untuk alur kisah sendiri berdasarkan aku tidak mengecewakan mainstream sih. Maksud aku ceritanya Ajin itu digambarkan jahat oleh manusia, dan insan selalu menimbulkan Ajin buronan berbahaya. Tapi, disatu sisi Ajin itu ada yang baik ada yang jahat. Kaprikornus Ajin punya konflik sendiri. Bukankah hampir sama kayak kisah lainnya? Dan dapat disebut mainstream? Saya ambil teladan Owari no Seraph, vampirnya ada yang jahat ada yang baik, ‘kan? Meski memang ceritanya jauh berbeda. Kalau di Seraph itu sebab paksaan, mau gak mau ya memang dirinya vampir

Karakter

Saya enggak akan membahas banyak karakter, cukup dua saja. Yaitu Kei Nagai dan Satou. Kei tokoh utamanya, dan Satou antagonisnya. Saya sempat heran sama Kei, ia menyerupai berguru sesuatu dengan cepat. Yah … di awal episode pun ia memang digambarkan tokoh yang cerdas. Tapi, jikalau aku lihat perkembangannya hebat. Dia sudah dapat menyesuaikan diri dengan apa yang dialaminya. Bahkan dikala ia harus tinggal di luar kota pun ia dapat menyesuaikan diri dengan cepat.

Art

Grafisnya tidak mengecewakan keren, 3D sih, tapi digambar dengan cukup baik. Apalagi IBM-nya dikala adegan bertarung. Wah, keren. Bagi yang tidak suka grafis 3D mungkin agak bagaimana lihatnya, tapi lumayan, kok. Apalagi dengan balutan kisah yang menarik. Tapi, jikalau lihat satu huruf yang difokuskan, entah kenapa aku merasa jadi abnormal lihatnya. Enak 2D. Haha. Tapi jikalau lagi ramai, tidak mengecewakan lezat dipandang dan seru. Soalnya jikalau 3D itu biasanya adegannya luwes, enggak di skip – skip. Semua huruf gerak, jadi enggak huruf penting aja yang gerak. Meski enggak semua 3D begitu, sih.


Ost

Lagu Pembuka: Yoru wa Nemureru kai? 「夜は眠れるかい?」 oleh flumpool dan Lagu Penutup: HOW CLOSE YOU ARE oleh Mamoru Miyano. Ostnya keren, terutama lagu pembukanya. Soalnya aku sudah tahu dari layar lebarnya. Efek suaranya pun enggak kalah keren, apalagi pas adegan bertarungnya IBM. Mantep, serasa nonton film aksi.


Overall
Jalan Cerita : 9.2 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 9 / 10
Ajin : 8.8 / 10

Dibilang nikmat, aku memang menikmati anime ini. Soalnya bikin penasaran. Apalagi selesai dari ceritanya. Cuma, grafis 3D-nya yang agak gimana gitu. Buat yang suka anime action, anime cocok ditonton, deh.